Posted by : Willy Yanpraga

Halo Semuanya Hari ini Saya akan Mengajari bagaimana Cara Menginstalasi Dhcp,Proxy,Dan Routing di Debian 6

1.Buat Mesin Debian Kalian ,mau di virtualbox / di vmware sama saja


2.Start Mesin Debian 6 nya lalu sampai dibagian pilihan eth0/1 itu pilih eth yang sebagai router ,kalau saya sebagai router memilih eth 0


3.Lalu Pada bagian ini pilih Configure Network Manually




4.Masukkan Ip Address mesin routernya misalnya saya pasang ipnya 192.168.10.1


5.Lalu Netmask / Subnetmask pakai yang kelas c yaitu 255.255.255.0


6.Bagian kolom gateway saya isi ip 192.168.10.2 (Gateway kalau tidak dimasukkan tidak apa-apa karena jarang digunakan)


7. Bagian Name Server Address masukkan ip yang sama seperti ip address router 


8.Hostname adalah nama untuk debian 6 ,Hostname yang saya pakai adalah Router


9.Domain namenya saya beri tkj.net (url/link yang ingin kamu masukkan)


10.Root Password saya beri 0000 (nol empat kali)


11.Fullname User,User saya menggunakan nama saya sendiri, dan passwordnya tetap 0000



12. Lalu pas bagian pemilihan partisi ,pilih pada bagian manual lalu muncul seperti gambar di bawah ini,



13.Setelah step diatas ,pilih bagian bawahnya yang bertulisan SCSI 3 ... dan di enter ,nanti akan muncul kalimat create a new partition maka pilih ok dan muncul kalimat free space seperti di bawah ini


14.Setelah itu pilih free spacenya dan create a new partition , sesuai settingan saya karena saya isi hdd 3gb maka root saya 2gb dan swap saya karena ram di vmware saya 512mb maka di swap harus 2x lipatnya ram jadi swap saya 1gb.


15.Bagian pilihan  write changes to disk pilih yes,jika pilih no maka tidak mungkin jalan ,dan tinggal nunggu proses loading yang agak lama



16.Bagian Scan Another CD or DVD, Network Mirror,Participate Survey itu pilih no





17.Bagian Software Selection pilih web server dan standard system ,Bagian Group Boot Loader Pilih Yes dan setelah itu selesailah dalam penginstallan dan akan dilanjutkan dalam pensettingannya




18 Pertama Login Sebagai Root


19.Masuk ke nano /etc/network/interfaces atur ip eth0 dan eth1 seperti tampilan dibawah ini dan save



20.Install Aplikasi DHCP dengan perintah apt-get install dhcp3-server dan pilih yes(y)


21.Setelah install Aplikasi DHCP masuk ke direktori dhcpnya dengan perintah nano /etc/dhcp/dhcpd.conf.Cari barisan paling panjang hilangkan tanda pagarnya mulai dari subnet- tanda }, dan setting dhcpnya menggunakan settingan ip eth client (eth1) dan save


22.Lalu ketikkan perintah Prerouting lalu save di firewall.conf dan Postrouting lalu save di firewall.conf (untuk postrouting selain di save masih ada tambahannya lagi ) ,(eth di prerouting adalah eth untuk client yaitu eth 1, sedangkan postrouting  itu eth0nya adalah network route dan eth satunya lagi adalah eth client yaitu eth 1.



23.Masuk ke nano /etc/network/if-up.d/iptables dan ketikkan seperti gambar di bawah ini dan save


24.Setelah masukkan data diatas jangan lupa untuk di chmodkan settingannya


25.Selesai terakhir install squid dengan perintah apt-get install squid dan pilih ya


26.Masuk ke squid dengan perintah nano /etc/squid/squid.conf setting port 3128 menjadi transparent /8080 menjadi transparent (tinggal diganti di bagian http port ...), lalu di bagian acl localnet kelas b dan a diberi tanda # karena tidak digunakan dan kelas c diganti networknya menjadi 5.0/24. lalu block url misalnya .google.com dan .youtube.com .Bagian from where browsing we should itu localnetnya dibuka tanda # sedangkan localhost ditutup menggunakan tanda # lalu diatas http_access localnet tambahkan http_access deny block  dan dibagian bawahnya ada http_access deny all diberi tanda # .






27.masuk ke nano /etc/default/isc-dhcp-server  lalu bagian interfacesnya masukkan eth yang client yaitu eth1



28.Lalu di save, setelah itu di restart dhcp dan restart squid dengan perintah /etc/init.d/isc-dhcp-server restart ,/etc/init.d/squid restart jika pas direstart 2-2nya failed maka harus di reboot dulu , setelah di reboot baru direstart ulang kalau sukses tampilannya seperti dibawah ini.


29.Lalu Di Laptop/PC anda buka koneksi vmnet /virtual box yang lain seperti router saya pasang vmnet 1 otomatis client saya hrus vmnet yang lain misalnya saya pakai vmnet 8 klik kanan vmnet8nya pilih tcp ip v4 pilih obtain ip automatically (DHCP) jika berhasil mengambil dhcp maka ip jika berhasil dapat dari dhcp mesin router itu mendapatkan ip 192.168.5.2 (192.168.5.1 udah dipakai untuk ip server)


30.Setelah mendapat ipnya buka browser seperti mozilla firefox/google chrome setting pada bagian tools option menu advanced menu network lalu setting atur sebagai manual proxy dengan menggunakan ip router dan port tadi yaitu 8080 dan Ok . Kalau transparent nya berhasi maka juga bisa no proxy .jika berhasil maka website yang ke block akan bertulisan Access Denied


31 Tampilan jika berhasil ping ke ip router 192.168.10.1 maka akan seperti dibawah ini



32.Terakhir Tampilan jika berhasil ping ke ip server 192.168.5.1 maka akan seperti di bawah ini:



Semoga Ilmu ini bermanfaat !!!

{ 2 komentar... read them below or Comment }

Popular Post

Cari Blog Ini

Willy Yanpraga. Diberdayakan oleh Blogger.
SEO Reports for semuainformasi-penting.blogspot.com

- Copyright © 2013 Bemacam-macam Informasi -Sao v2- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -